TUGAS REVIEW JURNAL
NAMA : CHANDRA ADITYA
NPM : 12114323
KELAS :
2KA42
![]() |
Judul :
layanan system informasi untuk peningkatan e-ticketing dalam
pelayanan
publik
Penulis
: Novira
da Silva, Elisabeth
Tahun :
2010
Review :
Chandra Aditya
Tanggal :
14 March 2016
PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG MASALAH
Internet
perlahan-lahan mulai menggeser budaya pembelian (pemesanan) tiket pesawat dari
cara konvensional menjadi lebih modern atau yang sering disebut booking
online(online booking).
Yang
saat ini, memesan tiket dapat dilakukan melalui computer yang tersambung dengan internet.
DiIndonesia, pelayanan
tersebut telah diperkenalkan oleh National Carrier Garuda Indonesia, maskapai
penerbangan Merpati Nusantara dan Airasia.
Hal ini berarti para
maskapai penerbangan dapat berhubungan langsung dengan konsumen yang tentu saja
akan memberikan dampak ekonomis yang signifikan.
Penelitian
dari hasil Layanan system informasi ini sangat berpengaruh dalam atribut-atribut
yang mempengaruhi preferensi belanja melalui internet (online) dan tidak
melalui inrternet (off line) pada produk,
Hanalisis
terhadap pengukuran dipakai pada studi ini memperlihatkan 4 atribut pokok,
yaitu waktu, harga, pelayanaan dan alternatif.
Tujuan dalam layanan
system informasi e-ticketing :
1. Dapat mengetahui lebih
jauh mengenai penerapan Sistem Informasi Manajemen pada transportasi.
2. Dapat mengetahui lebih
lanjut mengenai e-ticketing (pemesanan tiket melalui internet).
3. Dapat mengetahui lebih
jelas mengenai apa manfaat, keuntungan, kerugian, kelemahan dan kelebihan dari
e-ticketing.
4. Dapat mengetahui
bagaimana cara penerapan e-ticketing itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
5. Dapat mengetahui siapa
saja yang dapat menggunakan e-ticketing dan apa saja masalah-masalah yang
muncul dari penggunaan e-ticketing.
METODE
DAN BAHAN
Dalam
proses e-ticketing terdapat beberapa langkah yang dapat dilakuklan guna
mempermudah kita dalam pemesanan tiket secara online dimana dengan e-ticketing kita repot mengantri
dalam memesan tiket.
Langkah-langkah E-Ticketing sangat praktis, reservasi adalah yang
paling utama. Sabagai seorang mobile, sibuk dan akrab dengan e-lifestyle,
ada beberapa pilihan yang tersedia bagi anda.
Menelepon Call
Center maskapai penerbangan yang dipilih.
Langkah
berikutnya adalah pembayaran. Dengan mengutamakan kemudahan, anda dapat
melakukannya melalui ATM, sertacredit
card. Call Center yang menjamin keamanan saat memasukkan
nomor credit card.
Terjamin
semua informasi anda akan disimpan dengan rapi dan aman. Jika tertinggal tanda
terima perjalanan, anda dapat meminta duplikatnya di seluruh kantor penjualan
tiket maskapai penerbangan (airport).
PERUMUSAN MASALAH
Mengapa
E-Ticketing (Pemesanan tiket melalui internet)?
Karena internet
perlahan-lahan mulai menggeser budaya pembelian (pemesanan) tiket pesawat dari
cara konvensional menjadi lebih modern atau sering disebut E-Ticketing.
Ini memberikan
solusi terhadap masalah dominasi pengguna pesawat terbang dalam melakukan
perjalanan tidak seimbang dengan jumlah pesawat yang ada. Pada akhirnya akan
menyebabkan kepadatan penumpang yang tinggi di bandara-bandara (airport).
Kondisi ini akan
memunculkan problem klasik seperti halnya masalah pemesanan tiket dan melalui
E-Ticketing penumpang tidak perlu mengantri.
Apa sebenarnya
E-Ticketing itu? E-ticketing atau electronic ticketing adalah suatu cara untuk
mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa
harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper ticket.
Semua informasi
mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer
milik airline. Sebagai bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan
Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alat untuk masuk ke dalam bandara
di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti
perjalanan. Eticketing (ET) adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan
mengoptimalkan kenyamanan penumpang.
E-ticketing
mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan
fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan perubahan
dalam jadwal perjalanan.
HASIL
Tahapan Analisis
Sistem
Waktu berpengaruh terhadap preferensi belanja olnline tiket
pesawat,artinya semakin cepat proses transaksi pembelian tiket pesawat,maka
seseorang akan semakin cenderung atau memiliki preferensi semakin tinggi untuk
membeli tiket pesawat melalui internet.
Hal tersebut disebabkan oleh tingkat kesibukan
responden sehingga menjadikan waktu sebagai sumber daya yang terbatas,jadi
responden dengan tingkat kesibukan yang tinggi akan cenderung memilih proses
transaksi yang cepat pada saat membeli tiket pesawat.
Harga tidak berpengaruh
terhadap preferensi belanja online.Hal tersebut disebabkan oleh
pengetahuan responden tentang tingkat harga yang ditawarkan oleh agen
perjalanan maupun yang tercantum pada website maskapai penerbangan.
Mereka juga paham kapan
harus membeli tiket karena tingkat harga juga berbeda bila dipesan pada saat
“high season” dimana banyak orang mengadakan perjalanan seperti pada saat tahun
baru dan “low season” dimana hanya sedikit orang yang melakukan perjalanan.
Pelayanan tidak
berpengaruh terhadap preferensi belanja online. Hal tersebut
disebabkan oleh responden yang berencana memesan tiket pesawat tidak merasa
bahwa pelayanan adalah hal yang krusial karena pada saat mereka memesan lewat
website,
Mereka hanya bersentuhan
dengan tekhnologi yang dianggap kurang mampu meberikan pelayanan secara
interaktif yang sebanding dengan pertemuan langsung dengan penjual.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel waktu yang
berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap preferensi belanja.
1. Kelemahan
E-Ticket
• Ada kekhawatiran
mengenai jaminan keamanan atas kode-kode kartu kredit, Atm, dan lainlain.
• Pemesana
E-Ticket dilakukan secara online atau melalui internet dan tidak semua orang
mengerti tentang internet artinya belum bisa mengoprasikan internet itu
sendiri. Belum semua orang mengetahui tentang bagaimana caranya memesan tiket
secara online.
• Belum semua
orang mengetahui dan paham betul tentang E-Ticket.
2. Keuntungan
E-Ticket
• Kemudahan
Pengguna dapat mudah mengerti dalam melakukan pemesanan tiket melalui layanan
ini.
• Keamanan
Pengguna diberikan fasilitas login dan hanya 1 orang dengan 1 nama yang sudah
terdaftar sebelumnya yang bias mengakses layanan menu utamanya.
• Keuntungan
Pengguna diuntungkan dengan masalah waktu dan tenaga dalam melakukan pemesanan
serta adanya discount atau potongan harga jika pengguna sudah menjadi pelanggan
tetap.
• Kenyamanan
Pengguna dapat melakukan pemesanan dengan nyaman, tanpa adanya gangguan.
Ini sebagai contoh dimana e-ticketing booking details
KESIMPULAN
Optimalisasi biaya pihak maskapai berusaha keras untuk
memaksimalkan keuntungan melalui harga hematnya dengan layanan berkualitas.
Maskapai berusaha mengoptimalisasi biaya dengan cara tinggal
landas dalam waktu yang singkat, tidak memberikan layanan embel embel seperti
makanan dan minuman, menggunakan satu tipe pesawat untuk menghemat biaya
pelatihan, dan semua penghematan ini
dikembalikan kepada pelanggan dengan memberikan harga yang sangat hemat.
Pada setiap maskapai
selalu memberikan pelayanan terbaik dalam kepuasaan public
0 Komentar:
Posting Komentar